CATERING JAKARTA SMS/WA 0822 1112 3900 Kiat Sukses Bisnis Catering Nasi Kotak dan Prasmanan di Jakarta | CATERING JAKARTA Kiat Sukses Bisnis Catering Nasi Kotak dan Prasmanan di Jakarta ~ CATERING JAKARTA

Rabu, 07 September 2016

Kiat Sukses Bisnis Catering Nasi Kotak dan Prasmanan di Jakarta adalah selalu melakukan inovasi inovasi sesuai perkembangan permintaan pasar. Pemain Bisnis catering di kota besar tidak bisa di bilang sedikit, pemainnya sangat banyak dan persaingannya sangat ketat

Strategi Bisnis Catering Agar Tidak Kehilangan Pelanggan
Sebagai pemilik bisnis catering perlu mempertahankan cita rasa, sehingga Anda tidak kehilangan Pelanggan. Strategi Bisnis Catering Agar Tidak Kehilangan Pelanggan

Kesibukan masyarakat khususnya di kota besar seperti Jakarta, Tangerang, Bekasi, Depok, dan Bogor dan lainnya membuat pola makan menjadi tidak seimbang. Tak heran bila kini banyak masyarakat yang beralih mengkonsumsi makanan sehat ( healthy food ), bahkan tidak sedikit yang berlangganan catering sehat atau catering diet yang semakin dimianti akhir-akhir ini.

Kalo anda Sedang mencari Katering untuk nasi box atau prasmanan bisa klik di sini CATERING JAKARTA atau SMS 0822 1112 3900

Kiat Sukses Bisnis Catering Nasi Kotak dan Prasmanan di Jakarta


Bisnis Katering
Bisnis Katering


Mutu Produk Rasa Catering Yang Konsisten

Bagi Anda yang tertarik menekuni usaha healthy food berupa catering sehat maka yang harus diperhatikan adalah menjaga mutu produk tetap konsisten, pengembangan menu, pelayanan yang memuaskan, dan harga yang kompetitif.

Semua aspek dalam persiapan usaha catering saling berkaitan mulai dari bahan dasar yang bermutu baik, pengolahan makanan dengan metode yang benar hingga SDM yang baik dan alokasi waktu yang tepat dalam pengiriman. Bahan dasar sebaiknya pilihlah bahan yang segar dengan kualitas yang baik. Kualitas ini menentukan rasa akhir hidangan.

Teknik Memasak Catering Yang Sehat

Cooking method atau teknik memasak juga haruslah yang benar, misalnya masaklah bahan makanan dengan menyicil sedikit demi sedikit. Ini karena jika terlalu banyak pastinya pematangan makanan tak akan rata dan tidak sempurna. Pematangan yang tidak sempurna akan membuat makanan cepat basi dan rusak. Untuk membantu mempercepat waktu pengerjaan dan dapat diantarkan sesuai target sebaiknya semua bahan sudah dipersiapkan sebelum dimasak. Contohnya menyiapkan bumbu dasar, dan menyiangi sayuran. Bumbu dasar dapat bertahan untuk waktj yang cukup iama sekitar satu minggu jika c-Simpan secara benar. Sama halnya dengan sayuran dapat disimpan untuk maksimal dua hari jika disimpan dalam plastik yang diikat rapat diletakkan di ruang bawah suhu 6°C. Namun, sebaiknya kenali sifat sayuran, karena tidak semua sayuran dapat ditutup dengan plastik, misalnya cabai .sebaiknya letakkan di tempat terbuka, karena jika ditutup rapat cabai akan mengeluarkan air sehingga menjadi busuk.

Kemasan Produk Catering Yang Baik

Untuk makanan yang dibungkus dan dikemas dengan box, saat masakan matang, sebelum dikemas sebaiknya diamkan makanan terlebih dahulu sampai makanan dalam kondisi hangat. Pengemasan makanan dalam kondisi panas akan membuat makanan cepat basi. Sebaiknya makanan yang telah dikemas dapat dikonsumsi maksimal setelah 4 jam dari waktu pengemasan. Hal ini karena lebih dari jam itu rasa makanan berubah rasa dan bahkan dapat membuat keracunan.

Untuk promosi, memperkenalkan usaha catering pada masyarakat dapat dilakukan dengan cara membagi-bagikan brosur yang berisi jenis-jenis hidangan yang akan dijual. Namun, untuk catering sehat sebaiknya ada tambahan edukasi pada masyarakat mengenai bahan makanan yang sehat dan pengaruhnya terhadap kesehatan. Hal yang juga mempengaruhi pemasaran adalah lokasi penjualan. Lokasi sebaiknya yang strategis, mudah dijangkau, ini akan mempermudah juga saat proses pengantaran pesanan.

Bisnis catering box

bisnis catering box
bisnis catering box


Dalam usaha catering tentunya ada kendala yang ditemui. Salah satunya mengenai bahan baku dan harga fluktuafif. Untuk bahan baku yang sedang susah dapat mengganti menu dengan ketersediaan bahan yang banyak, begitu pula dengan harga, dapat diatasi dengan mengurangi pemakaian bahan baku yang harganya yang sedang melonjak.

Bisnis Katering  juga di minati oleh Kalangan Artis dan Anak Pejabat

Sebagai Contoh artis cantik dian sastrowardoyo dan Anak pejabat Gibran Anak presiden Jokowi juga terjun di Bisnis Katering sejak beberap tahun silam

Berstatus ibu rumah tangga, tak lantas penampilan boleh diabaikan begitu saja. Sebab itu Dian Sastrowardoyo tertarik menggeluti bisnis makanan diet berbasis online. Apalagi dia juga sempat menjadi pelanggan catering diet saat melahirkan anaknya dulu.

demikian juga dengan Anak pejabat seorang bernama Gibran Sampai saat ini, katering yang dikelola oleh Gibran Rakabuming Raka sendiri telah mampu menjadi partner sebuah event besar yang sering diadakan di Kota Solo. Baik acara sekala nasional maupun internasional bisa dilayani dengan baik oleh katering Chili Pari yang dikelolanya.

Sebuah teladan yang bisa kita jadikan contoh dalam mengelola sebuah bisnis, meskipun sebagai seorang anak pejabat namun tetap berkarya dan berusaha tanpa harus selalu mengandalkan jabatan dari orang tuanya. Semoga bisa menginspirasi kita semua. selanjutnya bisa di baca di sini Perjalanan Bisnis Katering Gibran Rakabuming Tanpa Restu Jokowi


Bisnis catering merupakan usaha pengelolaan makanan yang disajikan di luar tempat usaha, atas dasar pesanan. Ada 3 instansi yang harus Anda datangi untuk mendapatkan izin usaha catering, yakni kelurahan, kecamatan, dan kantor dinas kesehatan di kabupaten/kota.

Sebelum mendatangi instansi-instansi tersebut, ada baiknya anda memahami bisnis catering anda masuk kategori mana.bisa baca selanjutnya di sini
Mau Bisnis Catering, Ini Tempat Yang Harus Anda Datangi Untuk Urus Izin Usaha

Kiat Sukses Bisnis Catering Nasi Kotak dan Prasmanan di Jakarta


Bisnis katering merupakan salah satu bisnis ( wirausaha ) yang mendatangkan profit ( keuntungan ) besar untuk dijalankan. Bisnis katering mulai berkembang dan banyak dibutuhkan saat ini, baik itu untuk keperluan hajatan, kantor, pabrik, sekolah dan sebagainya.

( Baca Juga : Jasa Catering Jakarta )

Membangun Bisnis \ Katering

Untuk memulai ( membangun ) bisnis katering, maka dapat memperhatikan hal-hal berikut :

Prospek Usaha Bisnis Katering :

  • Peminat dan permintaan semakin meningkat saat ini.
  • Banyak dibutuhkan untuk acara hajatan maupun kantor dan pabrik ataupun sekolah yang tidak memiliki fasilitas kantin.

Persiapan Bisnis Katering :

  • Lokasi tempat usaha (dapur/rumah sendiri yang diatur rapi dan efisien ataupun dengan menyewa gedung).
  • Peralatan (kompor, penggorengan, panci, teflon, rak, bumbu dapur dan sarana transportasi pengiriman).
  • Karyawan (mengajak adik, anak, saudara, ataupun orang/kenalan yang memiliki keahlian memasak).
  • Jenis katering (katering hajatan, katering kantor, katering pabrik, katering sekolah, katering rumah).
  • Keahlian memasak (mengiris bahan makanan, mencuci dan mengolah serta menyajikannya).
  • Bahan baku (mencari pemasok bahan baku terbaik dari segi kualitas serta harga).
  • Aneka makanan dan variasinya (selera dan standar masakan/makanan/rasa khusus istimewa).

Strategi Bisnis Katering :

  • Nama dan merk berbeda dari pesaing.
  • Paket katering khusus dengan menu-menu spesial dan istimewa.
  • Promosi (selebaran/brosur, banner, media cetak dan eleketronik maupun promosi dari mulut ke mulut).
  • Bergabung dengan asosiasi bisnis boga ataupun perkumpulan hobi dan ahli memasak untuk mendapatkan informasi terkini
  • mengenai masakan dan menu-menu masakan baru untuk diterapkan pada bisnis katering.
  • Hias kemasan makanan katering dengan hiasan indah dan cantik.
  • Memberi diskon khusus bagi pelanggan.
  • Bonus gratis biaya pengiriman luar kota.
  • Menghias kendaraan transportasi pengiriman katering dengan merk / nama / brand katering.
  • Memperluas bisnis katering dengan membuat bisnis ( wirausaha ) penyewaan alat-alat masak dan perlengkapannya untuk acara hajatan dan sejenisnya.

Kemungkinan Hambatan ( Kendala ) Bisnis Katering :

Sepi peminat ( kreasi menu masakan dan makanan berbeda, menambah rasa dan selera pada masakan dan makanan, pengaturan kembali paket serta harga, melakukan promosi lebih luas melalui saudara, kerabat, teman, tetangga dan lain-lain ).

Naiknya harga bahan baku masakan dan makanan (manajemen pengelolaan dan penyimpanan bahan masakan dan makanan secara efisien tanpa banyak pemborosan penggunaan).

Persaingan (pengaturan ciri khas masakan dan makanan serta paket harga untuk pelanggan).

Modal (Dapat disiasati melalui patungan, peminjaman uang bank, peminjaman kepada pabrik/kantor/perusahaan relasi dan lain-lain).

Masakan dan makanan tidak sesuai dengan selera pelanggan (melakukan survey selera masakan dan makan dan mengatur kembali menu makanan dan masakan beserta paket harga dan lain-lain).

Ilustrasi Perhitungan Titik Balik Modal Bisnis Katering :

Investasi Awal

  • Peralatan dan perlengkapan = Rp. 10.000.000
  • Modal cadangan = Rp. 5.000.000
  • Total Investasi Rp. 15.000.000

Pendapatan / Bulan

  • Asumsi 800 pesanan per bulan dengan harga tiap paket Rp. 12.500 ,   800 x Rp. 12.500 = Rp. 10.000.000
  • Total Pendapatan Rp. 10.000.000

Pengeluaran / Bulan

  • Bahan baku = Rp. 2.500.000
  • Gaji karyawan : 4 orang x Rp. 600.000 = Rp. 2.400.000
  • Beban listrik, air dan gas = Rp. 600.000
  • Biaya operasional lainnya = Rp. 500.000
  • Total Pengeluaran Rp. 6.000.000

Laba Bersih / Bulan

Pendapatan / bln - Pengeluaran / bln = Rp. 4.000.000

Titik Balik Modal

Investasi Awal : Laba Bersih / Bulan = 4 Bulan


50 Cara Promosi Bisnis Katering dan Strategi Pemasarannya

Bagi pengusaha Katering yang serius mengembangkan bisnis Katering, mereka menyadari bahwa aktivitas pemasaran dan promosi usaha Katering harus dilakukan lewat berbagai cara untuk mencapai kesuksesan. Di halaman ini, kami akan memberikan 50 cara mempromosikan usaha Katering agar usaha Katering tersebut mencapai kesuksesan.

Namun sebelum kami menjelaskan lebih jauh, izinkan kami memberikan penjelasan sedikit tentang Strategi Pemasaran. Pemasaran (menurut Wikipedia) adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.

Pada umumnya kegiatan pemasaran berkaitan dengan koordinasi beberapa kegiatan bisnis. Strategi pemasaran ini dipengaruhi oleh faktor-faktor sebagai berikut:

  • Faktor mikro, yaitu perantara pemasaran, pemasok, pesaing dan masyarakat
  • Faktor makro, yaitu demografi/ekonomi, politik/hukum, teknologi/fisik dan sosial/budaya.

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan untuk pemasaran (dari sudut pandang penjual):
  • Tempat yang strategis (place),
  • Produk yang bermutu (product),
  • Harga yang kompetitif (price), dan
  •  Promosi yang gencar (promotion).

Dari sudut pandang konsumen:

  • Kebutuhan dan keinginan konsumen (customer needs and wants),
  • Biaya konsumen (cost to the customer),
  • Kenyamanan (convenience), dan
  • Komunikasi (comunication).

Saat ini ada satu strategi pemasaran yang sedang gencar dilakukan oleh banyak orang, yaitu berpromosi online melalui website. Anggaplah website adalah markas besar untuk bisnis Katering Anda. Maka dengan adanya website, melalui cara-cara promosi yang akan segera kami sebutkan ini, Anda akan mempromosikan website sekaligus mempromosikan usaha Katering. Dimana di website tersebut akan berisi produk, harga, layanan, alamat, testimoni, dan lain sebagainya. Mengapa demikian? Karena seharusnya website akan mendukung bisnis Katering jika diintegrasikan antara promosi offline dan online.

Berikut beberapa alasan mengapa promosi website untuk Katering perlu juga dilakukan secara offline dan online.

Kiat Sukses Bisnis Catering Nasi Kotak dan Prasmanan di Jakarta

Tidak semua calon konsumen potensial memiliki waktu untuk mencari website Anda, bahkan mungkin tidak mau susah-susah mencari. Ketika website Anda diingat pertama kali, maka mereka akan mencari cara untuk dapat mengakses website Anda dan jika beruntung, terjadilah transaksi.

Tidak semua orang yang biasa menggunakan internet sekalipun mengerti cara memanfaatkan search engine untuk memenuhi kebutuhan mereka, bahkan mungkin tetap bertanya orang di sekitar mereka. Sehingga, jika Anda beruntung website Anda-lah yang akan diakses, dan terjadilah transaksi.

Kini untuk menaikkan ranking di search engine sudah semakin ketat persaingannya sehingga kecil kemungkinan bagi calon konsumen untuk menemukan website Anda. Jika website Anda sudah ada di benak mereka, maka mereka tidak perlu lagi mencari apa yang mereka butuhkan melalui search engine.

Hukum probablilitas untuk pemasaran berlaku. Semakin banyak orang mengenal website Anda melalui berbagai macam cara promosi, maka akan semakin banyak calon-calon konsumen yang akan menjadi konsumen serius.

Dimana ada kesempatan bertemu dengan kesiapan, disitulah keberuntungan berada. Ungkapan ini mungkin cocok bagi Anda yang mempromosikan website melalui berbagai macam cara.

Promosi ( menurut Wikipedia ) adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi, produsen atau distributor mengharapkan kenaikannya angka penjualan. Tujuan promosi diantaranya adalah:
  1. Menyebarkan informasi produk kepada target pasar potensial
  2. Untuk mendapatkan kenaikan penjualan dan profit/laba
  3. Untuk mendapatkan konsumen baru dan menjaga kesetiaan konsumen
  4. Untuk menjaga kestabilan penjualan ketika terjadi lesu pasar
  5. Membedakan serta mengunggulkan produk dibanding produk pesaing
  6. Membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan.
  7. Mengubah tingkah laku dan pendapat konsumen.

Nah, dari ketujuh tujuan promosi diatas, berikut adalah 50 teknik promosi website yang nantinya akan berisi profil bisnis Katering Anda. Sehingga, begitu mereka mengakses website Anda, Anda juga sekaligus mempromosikan usaha Katering Anda di website tersebut.

Ketika melakukan aktivitas promosi yang kami sebutkan dibawah, jangan lupa untuk selalu memberitahukan alamat website Anda ke calon konsumen Anda.
  1. Memasang iklan baris di koran.
  2. Memasang iklan di buku telepon (yellow pages).
  3. Menyebarkan katalog promosi dan iklan di pusat perkulakan.
  4. Mendekati calon konsumen lewat telepon secara aktif.
  5. Mendatangi langsung konsumen yang potensial.
  6. Berpromosi lewat surat ( direct mail ).
  7. Menjadi pembicara di seminar, dan bicarakan hal-hal yang hanya dikuasai.
  8. Menjadi pembicara tamu acara dialog di radio.
  9. Membuat data konsumen lengkap dengan alamat dan kontaknya. Jaga terus agar tetap up to date.
  10. Membangun citra perusahaan dengan kop surat yang menarik.
  11. Merancang brosur yang menjelaskan keuntungan produk.
  12. Mengembangkan cara pemesanan lewat jarak jauh ( delivery ) seperti lewat surat, email, SMS, Telpon, BBM atau media lainnya
  13. Membuat tempat khusus untuk memamerkan usaha Katering
  14. Merancang pemasaran jarak jauh ( telemarketing )
  15. Membuat logo perusahaan sesuai dengan citra yang dibangun
  16. Menerbitkan bulletin yang berkaitan dengan usaha yang dimiliki, paling tidak 3 bulan sekali
  17. Mencetak kalender dan membagikannya sebagai souvenir.
  18. Membuat kampanye sosial yang berkaitan dengan bisnis Katering.
  19. Membuat stiker dengan logo dan slogan perusahaan dan membagikannya
  20. Membuat kaos dengan logo dan nama perusahaan lalu membagikannya.
  21. Menjajaki promosi dengan perusahaan lain yang bukan pesaing.
  22. Memasang iklan di media cetak mingguan atau bulanan seperti majalah, bulletin, atau tabloid.
  23. Memanfaatkan promosi patungan untuk menghemat biaya promosi
  24. Berterimakasih pada konsumen dengan mengirimi surat
  25. Menjaga hubungan dengan konsumen dengan mengirimkan kartu ucapan
  26. Memasang profil perusahaan di Koran dan majalah yang biasa di baca calon konsumen sasaran
  27. Menyewa agen periklanan atau humas ( Public Relation )
  28. Menyelenggarakan kontes atau sayembara yang bersifat promosi
  29. Menyelenggarakan seminar yang khusus membahas produk atau jasa yang ada di perusahaan
  30. Menyelipkan brosur, katalog promosi atau bahan promosi lain ke dalam tagihan yang dikirim
  31. Mencari calon konsumen di pameran-pameran.
  32. Mencari calon konsumen di perkumpulan atau komunitas yang berhubungan dengan bisnis Katering
  33. Menari calon konsumen di seminar-seminar.
  34. Mencari konsumen potensial di majalah atau koran
  35. Mengemas brosur, daftar harga, dan surat menyurat dalam tempat khusus untuk konsumen.
  36. Memasang papan penunjuk yang mengarahkan ke kantor Anda.
  37. Menyebarkan brosur yang diselipkan di wiper kaca mobil.
  38. Mencetak kalimat bersifat promosi pada kertas promosi atau amplop.
  39. Memasang logo dan nama perusahaan di kendaraan perusahaan.
  40. Membuat daftar produk, lengkap dengan gambar.
  41. Menyiapkan video tentang profil perusahaan.
  42. Menyiapkan proposal yang ditawarkan untuk mengantisipasi kebutuhan konsumen.
  43. Menyiapkan contoh produk gratisan.
  44. Menyediakan kesempatan pada calon konsumen untuk melihat-lihat proses produksi.
  45. Mensponsori acara amal.
  46. Menyebarkan kartu nama ke kenalan, saudara, teman, atau siapa saja.
  47. Membuat mug dan membagikannya sebagai cinderamata
  48. Membuat topi sebagai hadiah
  49. Menerbangkan balon berisi logo perusahaan pada acara-acara tertentu
  50. Beriklan di media elektronik seperti radio dan televisi
  51. Pasang papan iklan di reklame, halte bus, dan tempat-tempat strategis

Demikianlah 51 cara promosi bisnis Katering dan strategi pemasarannya. Semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi Anda dalam menjalankan usaha Katering. Apabila Anda tertarik, Segera bangun website untuk usaha Katering Anda

Pencarian tentang website Bisnis catering:

Bisnis Catering Website
Bisnis Catering Website

cara promosi catering, strategi pemasaran catering, cara memasarkan catering, cara memasarkan catering ke perusahaan, cara pemasaran catering, promosi catering, cara memasarkan usaha catering, cara memasarkan bisnis catering, contoh iklan catering, contoh tempat usaha catering yang baik


Bagaimana Memulai Bisnis Katering Rumahan

Bisnis katering merupakan salah satu bisnis rumahan yang paling menguntungkan dengan potensi ekspansi dan pertumbuhan yang tinggi. Ini sangat baik secara finansial dan menyenangkan. Setiap melayani event – apakah itu pesta ulang tahun, makan malam, atau resepsi penikahan – memberikan pengalaman baru dan tantangan dengan sekelompok orang yang baru.

Bisnis katering membutuhkan stamina ekstra, kemampuan bekerja di bawah tekanan, dan keterampilan interpersonal yang sangat baik. Keberhasilan Anda dalam bisnis ini akan sangat tergantung pada reputasi Anda.

Guna membangun reputasi yang baik dalam bisnis, Anda harus bersedia bekerja keras dan kemampuan bekerja di bawah tekanan.

Permintaan katering

Permintaan terhadap katering terus meningkat selama bertahun-tahun. Pemicunya adalah semakin meningkatnya jumlah rumah tangga berpendapatan tinggi, angka pernikahan dan acara perusahaan. Banyak perusahaan yang menggunakan jasa katering untuk melayani makan siang, dan pertemuan makan malam guna membangun citra dan meningkatkan penjualan perusahaan mereka.

Gaya hidup ini memberikan peluang bagi bisnis katering. Banyak ibu rumah tangga sekarang yang menggunakan jasa katering untuk menyiapkan pesta mewah dan tak terlupakan bagi para tamu mereka.

Meningkatnya jumlah ibu yang menggunakan jasa katering untuk melayani pesta ulang tahun, kelulusan, serta resepsi pernikahan karena alasan sederhana. Para ibu hari ini mulai banyak yang bekerja di luar rumah sehingga tidak memiliki waktu dan energi untuk melakukan semua perencanaan pesta yang mengesankan.

Bahkan konsep makan perlahan-lahan diubah oleh bisnis katering: daripada pergi ke restoran untuk memakan makanan terbaik, keluarga dapat menggunakan jasa katering untuk menyantap makanan yang sama di rumah.

Biaya bisnis katering

Katering menawarkan kesempatan untuk memulai sebuah bisnis jasa makanan dengan investasi awal lebih rendah dibanding membuka restoran. Tujuan utama Anda harus memberikan layanan katering yang berkualitas, membuat setiap acara mengesankan, menyediakan layanan katering yang luar biasa mulai dari pemilihan dan persiapan makanan, porsi makanan, peralatan, mengatur dan membersihkan daerah yang ditunjuk, koordinasi dan konsultasi makanan untuk melayani acara tertentu. Biaya bagi bisnis katering akan tergantung pada apa yang Anda masukkan ke dalam dapur.

Untuk menekan biaya awal, Anda dapat memulai bisnis katering dengan menyewa perlengkapan memasak. Anda dapat menyewa fasilitas dapur dari bisnis yang melayani penyewaan peralatan tersebut. Jika keuangan sudah stabil Anda bisa membeli peralatan sendiri.

Dengan menyewa peralatan, fasilitas, dan perlengkapan, Anda dapat menggunakan beberapa bulan pertama untuk membangun reputasi Anda, mengembangkan modal untuk investasi, perluasan dan mengevaluasi berapa banyak waktu dan uang yang ingin diinvestasikan.

Potensi penghasilan

Potensi pendapatan dari bisnis katering tergantung pada ukuran acara yang dilayani. Seperti bisnis lain, katering membutuhkan manajemen dan keterampilan organisasi bisnis yang baik untuk berhasil.

Kemampuan Anda menjaga biaya operasi sambil mempertahankan layanan berkualitas tinggi juga penting. Banyak orang yang mengatakan bahwa keuntungan dalam bisnis katering adalah yang terbaik di industri makanan dan minuman.

Untuk mengurangi biaya, Anda dapat menggunakan rumah sebagai kantor, kemudian mempekerjakan karyawan dan menyewa dapur dari restoran terdekat. Dengan sifatnya yang musiman, katering biasanya tidak memerlukan karyawan yang banyak sepanjang tahun.

Namun, yang terpenting adalah bisnis tidak hanya menyediakan makanan besar namun juga kualitas layanan. Staf katering harus merespon kebutuhan klien, fleksibel dan profesional.

Apa yang Anda butuhkan

Agar berhasil menjalankan bisnis katering dibutuhkan bakat dan passion dalam memasak hidangan yang lezat. Anda harus memiliki perencanaan dan menjadi manajer yang luar biasa. Anda harus sangat terorganisir, namun cukup fleksibel ketika menghadapi perubahan di menit-menit terakhir.

Beberapa jenis katering sekarang menawarkan pesanan online mulai dari makanan pembuka sampai makanan penutup dengan pemberitahuan minimal 48 jam.

Anda tidak perlu pendidikan atau pelatihan khusus untuk menjadi pengusaha katering yang sukses. Namun, Anda dapat mengambil beberapa kursus di lembaga kuliner atau sekolah kejuruan yang secara signifikan dapat membantu meningkatkan kualitas penyajian makanan Anda.

Keberhasilan Anda akan langsung berhubungan dengan perencanaan dan penerapan dari rencana tersebut. Memahami apa yang diinginkan klien dan memberikan apa yang mereka inginkan melalui dalam cara layananan yang memuaskan.


Bisnis catering merupakan salah satu bisnis rumahan yang paling menguntungkan dengan potensi ekspansi dan pertumbuhan yang tinggi. Setiap melayani event apakah itu pesta ulang tahun, makan malam, atau resepsi pernikahan memberikan pengalaman baru dan tantangan dengan sekelompok orang yang baru. Bicara soal online, ternyata tak hanya cake/ kue atau sejenis makanan lainnya yang dapat dijual secara online. Bahkan, bisnis cateringpun bisa dilakukan secara online.

Memilih makanan yang enak dan sehat merupakan hal yang patut dilakukan oleh semua orang setiap hari guna menunjang kebugaran tubuh dalam beraktivitas sepanjang hari. Banyak sekali pekerja kantoran yang tak sempat menyiapkan bekal makanan sehat dari rumah,aapalagi di daerah tomang, sudirman, senayan, gatot subroto, karet dan daerah daerah yang banyak perkantoran. Bisa menjadi peluang catering yang menawarkan menu makan pagi, siang hingga malam dengan system online.

Bisnis catering merupakan salah satu bisnis rumahan yang paling menguntungkan dengan potensi ekspansi dan pertumbuhan yang tinggi. Setiap melayani event apakah itu pesta ulang tahun, makan malam, atau resepsi pernikahan memberikan pengalaman baru dan tantangan dengan sekelompok orang yang baru. Bicara soal online, ternyata tak hanya cake/ kue atau sejenis makanan lainnya yang dapat dijual secara online. Bahkan, bisnis cateringpun bisa dilakukan secara online.

Memilih makanan yang enak dan sehat merupakan hal yang patut dilakukan oleh semua orang setiap hari guna menunjang kebugaran tubuh dalam beraktivitas sepanjang hari. Banyak sekali pekerja kantoran yang tak sempat menyiapkan bekal makanan sehat dari rumah, namun di daerah Tomang, Jakarta terdapat catering yang menawarkan menu makan pagi, siang hingga malam dengan system online.


Bagaimana Cara Menjalankan Usaha Katering Dari Rumah

Usaha katering ini akan sukses jika didasari dari hobi memasak, usaha katering ini bisa dijalankan dari rumah tanpa harus mengeluarkan modal besar karena kita bisa meminta uang muka kepada calon pelanggan kita.

Makanan atau hidangan adalah salah satu hal yang harus ada disetiap pesta, baik pesta ulang tahun, perkawinan, maupun syukuran. Akan tetapi banyak tuan rumah yang tidak sanggup memasak sendiri hidangan untuk para tamunya yang kadang berjumlah ratusan bahkan ribuan.

Dalam perjamuan makan malam atau perkawinan hidangan yang disajikan dipersiapkan oleh pihak lain yaitu perusahaan katering.

Usaha katering ini sangat menjanjikan karena bisa menghasilkan laba jutaan hanya dalam waktu singkat. Akan tetapi usaha katering yang bisa dipercaya untuk menyiapkan makanan bagi ribuan tamu haruslah perusahaan katering yang besar dan berpengalaman dan untuk menjadi besar maka usaha katering harus melalui merangkak dari kecil.

Setiap orang punya kesempatan yang sama untuk membuka usaha katering namun hanya sebagian kecil yang bisa maju. Jika anda tertarik untuk memulai bisnis katering maka ada cara yang mudah untuk memulainya.

Nah yang harus Anda ketahui adalah usaha katering sendiri memiliki beberapa segmentasi pasar, yaitu :

  • Usaha katering Rumahan, ini biasanya melayani keluarga kecil yang tidak mau repot memasak
  • Usaha katering Sekolah/Anak Kost biasanya meliputi katering makan pagi / siang untuk untuk anak sekolah. Biasanya disajikan dalam rantang/tromol makan khusus anak-anak. Jika untuk anak kost / kuliah bisa menggunakan nasi boks
  • Usaha katering kantor melayani karyawan, biasanya di pabrik, supermarket, perkantoran, dll
  • Usaha katering untuk acara khusus seperti resepsi pernikahan, arisan, syukuran, dll. Segmentasi ini biasanya menggunakan prasmanan

Untuk awal, Anda bisa melihat peluang tersebut di sekitar Anda.

Mulailah dengan usaha kateringan kecil-kecilan seperti menyediakan menu makanan untuk anak kost disekitar anda jika memang banyak mahasiswa yang kost disekitar anda.

Anda menyediakan menu katering yang beragam serta layanan antar ke rumah kost / anak sekolah masing-masing sehingga mereka, terlebih yang masih anak-anak sekolah tidak perlu jajan.

Cara pembayaran katering bisa diatur menyesuaikan keadaan seperti dibayar seminggu sekali atau sebulan sekali.

Anda bisa membesarkan usaha katering anda dengan menawarkan jasa katering kepada tetangga anda yang hendak mempunyai hajat.

Tawarkan dengan harga yang bersaing dan menu yang lebih enak dan banyak. Dengan begitu maka akan lebih banyak tetangga anda yang ikut mencoba jasa katering anda.

Sebelum Anda memulai usaha katering ini, lakukan survey untuk mengetahui kompetitor usaha katering di wilyah anda.

Cari tahu berapa harganya, paket-nya apa saja, bagaimana menu dan kualitas makanan serta kualitas penyajiannya. Makin banyak informasi yang bisa Anda dapatkan akan membuat Anda bisa mengukur kemampuan dan juga memberikan nilai tambah untuk usaha katering milik Anda nantinya.

Hal lain yang harus Anda ingat adalah usaha katering ini margin keuntunganya biasanya kecil, sehingga kita harus bermain jumlah, semakin banyak pesanan maka prosentasi keuntungan bisa besar.

Dan salah satu biaya pengeluaran yang harus Anda cermati adalah pada biaya produksi.

Anda harus membuat perhitungan yang cermat akan setiap aktivitas dapur Anda karena biasanya pengeluaran yang kecil-kecil itu jika di jumlahkan ternyata banyak juga habisnya.

Di awal membuka usaha jasa katering buatlah promosi usaha dengan menawarkan harga murah untuk setiap pemesanan/paket harian selama kurun waktu tertentu, ini tujuannya untuk mendapatkan pelanggan tetap.

Usaha katering tidak perlu pusing dengan lokasi, Anda bisa memulainya dari rumah dan pemesanan bisa dilakukan lewat telepon atau dari mulut ke mulut.

Libatkan anggota keluarga, teman, kolega, dll untuk membantu mempromosikan usaha katering Anda.

Ingat usaha katering adalah mengenai RASA, Kebersihan Makanan, Cara Pengemasan dan Harga yang Sepadan.
Bisnis catering box, bisnis catering online, bisnis catering pernikahan, bisnis catering snack, bisnis katering, katering, katering pesta, menu catering, menu katering kantor, tips bisnis catering
#Bisniscateringbox #bisniscateringonline #bisniscateringpernikahan #bisniscateringsnack #bisniskatering #katering #kateringpesta #menucatering #menukateringkantor #tipsbisniscatering


Jika hal tersebut bisa anda penuhi, saya yakin tidak diperlukan promosi heboh yang harus dilakukan. Ini juga salah satu cara untuk menghemat biaya promosi. Usaha katering awalnya bisa Anda jalankan bersama dengan anggota keluarga Anda sendiri, misalnya dari 4 orang 3 orang setiap harinya bertugas memasak dan mengemas/menyajikan dan 1 orangnya lagi bertugas mencari bahan masakan atau mengantar pesanan. Anda sendiri yang menentukan menu masakan, harga dan mencari pelanggan sampai merekrut karyawan part time ketika Anda mendapatkan order katering dalam jumlah banyak

Di awal memulai usaha katering ini biasanya memerlukan modal untuk berbelanja bahan-bahan makanan sampai 70% dari harga makanan yang dipesan. Jadi untuk mensiasatinya Anda bisa meminta pembayaran di depat / uang muka. Selain pembayaran cash, untuk usaha katering ini memberlakukan pembayaran tempo. Sistem pembayaran tempo ini Anda terapkan jika usaha katering Anda semakin maju dan mendapatkan pelanggan banyak. Sebaliknya Anda pun bisa bekerja sama dengan suplier ayam, sayuran dengan pembayaran jatuh tempo juga misalnya 1-2 minggu kemudian.

Tips Memulai Bisnis di Bidang Kuliner


Memiliki kemampuan membuat masakan yang terasa istimewa bisa menjadi modal utama mendirikan sebuah bisnis makanan.

Namun keahlian saja tidak cukup membuat seseorang bisa menjadi pengusaha makanan sukses. Menjalankan bisnis dan memasak adalah dua hal yangg berbeda.

Bila sudah mahir membuat salah satu makanan, perhatikan tips berikut agar kamu bisa menjadi pengusaha makanan yang sukses:

1. Permodalan

Buat sebuah daftar mengenai makanan yang kamu hasilkan dari yang paling terjangkau hingga mahal. Coret bahan yang terasa terlalu mahal dan ambil tiga makanan yang paling murah. Kamu bisa mulai berfokus pada tiga produk tadi.

2. Keahlian

Keahlian yang kamu miliki dalam membuat makanan akan sangat membantu. Jika kamu mahir membuat makanan yang terbuat dari singkong, maka asah terus kemampuan kamu agar bisa selalu mengikuti kemauan pasar. Intinya, fokuslah pada makanan tertentu yang memang benar-benar kamu kuasai.

3. Waktu

Kamu harus memperhitungkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mempersiapkan bahan dan semuanya. Dari mulai belanja bahan baku, proses pembuatan dan juga waktu mengantar. Dengan begini kamu tidak akan meleset dari waktu yang sudah dijanjikan. Dengan mengelola waktu dengan tepat, anggaran pun niscaya bisa diatur dengan tepat pula.

4. Contoh

Para pelanggan tidak akan langsung tergiur begitu melihat barang yang kamu tawarkan. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memberikan tester atau sampel pada pelanggan agar mereka dapat merasakan dan menilai makanan buatan kamu. Buatlah acara promosi selama beberapa hari setelah buka agar orang-orang lebih tertarik untuk mencoba.

5. Kualitas

Jangan lupa memperhatikan kualitas makanan yang kamu jual. Saat membagikan sampel, coba tanya pada mereka apakah rasa makanan ini sudah layak atau masih ada yang perlu diperbaiki lagi. Dengan begini kamu dapat selalu meningkatkan kualitas. Buatlah bisnis yang berjalan dua arah. Masukan dari konsumen akan sangat berarti bagi kelangsungan usaha.

6. Kerjasama

Menjalin kerjasama dengan pihak lain agar produk dapat dipasarkan bisa menjadi strategi yang jitu. Kamu bisa menitipkan makanan ke warung terdekat atau ke kantin-kantin sekolah dan kantor untuk permulaan. Apabila sudah memiliki pelanggan tetap, maka saatnya meluaskan bisnis dengan meluaskan usaha seperti membuka gerai cabang.

Membuat sebuah bisnis makanan memang gampang-gampang susah. Memiliki keahlian membuat makanan tidak serta merta membuat seseorang menjadi seorang pengusaha makanan. Perhatikan faktor dan cara di atas agar impian menjadi pengusaha kuliner dapat terwujud.Usaha kataring ini adalah usaha dengan modal kepercayaan sehingga Anda harus memastikan membayar tepat waktu dan mengirim pesanan tepat waktu kepada pelanggan sekalipun misalnya pelanggan tersebut belum / telat membayar katering.
moga artikel mengenai seluk beluk bisnis katering bermanfaat, ada baiknya sebelum anda berminat buka sendiri bisnis katering ini pahami dulu  Kiat Sukses Bisnis Catering

Tagged: , , , , , , , , ,

2 komentar:

  1. sukses usahanyaa :)
    semoga berkenan Nasi Kotak Semarang
    kami :)

    kok gaji karyawannya kecil yak

    BalasHapus
  2. Makasih tips-tipsnya, semoga usahanya makin lancar jaya.

    Semoga berkenan juga mengunjungi website usaha catering saya http://cateringkencana.com.

    Terima kasih,

    Salam wirausaha

    BalasHapus